7 Mitos Paling Di takuti , Pantang Dilarang, Sebaiknya Jangan Dicoba !

Inilah 7 Mitos Paling Ngeri, Pantang Dilanggar, Sebaiknya Jangan Dicoba !




YOGYAKARTA, NETRALNEWS.COM - Orang-orang dari berbagai suku di Indonesia semuanya memiliki mitos dan legenda. Kalau diteliti dan dirunut, entah berapa ribu, bahkan jutaan mitos yang berkembang di semua suku di Nusantara.

Mitos-mitos itu umumnya sudah berlangsung secara turun-temurun. Misalnya saja, mitos tidak boleh makan di depan pintu biar tak susah jodoh, atau kupu-kupu yang terbang di dalam rumah yang dipercaya bakal ada tamu yang datang dan sebagainya.

Mitos di Indonesia sendiri terbagi atas banyak hal. Ada yang biasa-biasa, ada pula yang ekstrem dan mengerikan. Mitos-mitos yang mengerikan, tentu pantang untuk dilanggar. Dan semua suku memiliki itu, dan katanya sudah banyak yang kena akibatnya karena melanggar mitos-mitos itu.

1.Mitos Ratu Pantai Selatan.


Selama ini, masyarakat yang tinggal di sepanjang Pantai Selatan Jawa percaya bahwa warna hijau adalah warna kesukaan tokoh mitos Nyi Roro Kidul. Anda mungkin pernah mendengar larangan jika ke pantai Selatan Jawa pantang untuk seseorang memakai pakai baju hijau.

Namun tahukah Anda apakah alasan di balik mitos tersebut? Konon masyarakat pantai selatan percaya, setiap orang yang melanggar, dia akan digulung ombak, masuk ke lautan, dan meninggal dunia. Asal usul larangan tersebut ada karena sebuah cerita rakyat setempat yang selalu diceritakan turun temurun hingga kini.

Karena setiap kali bertemu Nyi Roro Kidul selalu mengenakan pakaian berwarna hijau, akhirnya Panembahan Senopati membuat pengumuman kepada rakyat Mataram untuk tidak memakai baju hijau saat berada di pantai selatan, seperti Parangtritis, Pelabuhan Ratu, Parangkusumo, dan lainnya.

Larangan dari pendiri Kerajaan Mataram pertama itu sampai sekarang dipegang teguh oleh masyarakat. Itulah sejarah, asal-usul atau legenda yang menjadi alasan kenapa ada larangan tidak boleh memakai baju hijau di pantai selatan.

2.Jangan Menetesi Darah Orang Mati Dengan Air Jeruk


Ada sebuah mitos yang beredar di masyarakat tentang larangan untuk tidak memberikan tetesan jeruk ke darah orang yang sudah meninggal. Katanya, hal ini akan menyakitkan mereka yang sudah mati dan sebagai gantinya akan ganti menuntut balas kepada pelakunya. Terdengar seperti omong kosong, namun hal ini memang benar terjadi.

Ya, pernah ada orang-orang iseng yang menetesi darah bekas tabrakan dengan air jeruk. Tak lama, terdengar seperti suara erangan yang tahu dari mana asalnya. Lalu berselang beberapa hari kemudian, pelakunya tewas dengan cara yang sama di tempat yang sama pula.

3.Hindari Membawa Telur Ayam Kampung Melewati Hutan di Malam Hari


Mitos ini konon sangat terkenal di Kalimantan. Ya, banyak orang yang sering diwanti-wanti untuk tidak membawa telur ayam kampung dan melewati hutan pada waktu malam hari. Alasannya sendiri telur tersebut mungkin saja akan diincar oleh makhluk halus penjaga hutan tersebut.

Jadi, jika melewati hutan dengan membawa telor ayam kampung, si pembawa akan mendapat gangguan karena makhluk-makhluk halus itu akan merebut telor ayam kampung itu.

Memang, di beberapa suku di Nusantara ini, seperti di masyarakat Flores, member sesaji kepada leluhur dengan telor ayam kampung sebagai medianya.

4.Jangan Melangkahi Pohon Bambu yang Menunduk Saat Magrib


Mitos orang Jawa ini masih dipercaya hingga sekarang, dan sepertinya tak perlu untuk dibuktikan kebenarannya. Melangkahi bambu yang merunduk saat magrib konon akan membuat kita menghilang. Menghilang dalam artian diculik oleh makhluk halus dan mungkin takkan pernah kembali.

Lagi-lagi kisah nyata mitos ini memang pernah terjadi. Kejadiannya sendiri dialami oleh seorang bocah asal Kebumen beberapa tahun lalu. Diceritakan jika si bocah ini tiba-tiba saja melihat bambu yang merunduk seusai bermain dengan teman-temannya. Tanpa pikir panjang, kemudian dilangkahinya bambu ini dan si bocah pun menghilang tanpa jejak.

Memang, dalam berbagai suku di Nusantara ini percaya kalau bambu itu memiliki kekuatan magis, ada ada penunggunya.

5.Jangan Pernah Menyanyikan Tembang Durma


Tembang Durma atau lengkapnya Durma Macapat adalah sebuah bait lagu Jawa yang mengandung unsur magis tertentu. Banyak mitos yang beredar soal lagu ini yang isinya adalah larangan untuk menyanyikannya. Pasalnya, bait ini konon sangat disukai makhluk halus

Ya, ada sebuah cerita pula tentang seorang ibu konon pernah mencoba mitos ini. Seperti yang diduga, pada akhirnya ia selalu diganggu dengan para makhluk halus. Biasanya mereka berwujud wanita berbaju merah dan berambut panjang serta punya taring dan kuku yang tak kalah panjang.

Apa benar? Tetapi, sebaiknya jangan coba. Kalau  Anda kurang kerjaan, bisa mencobanya?

6.Jangan Menghina Patung-Patung Kayu di Kalimantan


Di Kalimantan dan di Papua, terkenal dengan ukiran-ukiran kayu yang mengandung nilai seni tinggi. Ketika kita singgah di daerah Kalimantan terutama yang pinggiran, maka kita akan menjumpai rumah-rumah yang di depannya ada semacam patung kayu.

 Nah mitosnya, jangan sekali-kali menghina patung ini. Pasalnya, si patung tersebut mungkin akan menganggu si pengumpatnya ke mana pun pergi.

Cerita turun temurun ini masih sangat dipercaya. Soal kejadiannya mungkin sudah sering kali menimpa banyak orang. Patung tersebut sendiri konon semacam simbol dari keluarga yang sudah meninggal. Biasanya sangat sulit untuk menyembuhkan mereka yang terkena mitos patung Kalimantan ini. Satu-satunya cara hanya dengan meminta maaf kepada keluarga yang bersangkutan. Kabar buruknya, sepanjang belum dimaafkan maka gangguan-gangguan akan terus terjadi.

7.Mitos Putus dengan Kekasih setelah Pasangan Itu Mengunjungi suatu Tempat 

Banyak cerita seputar mitos ini. Kenapa? Ada yang percaya kalau setelah mengunjungi suatu tempat bersama pasangan, biasanya ada jin atau makhluk halus masih ikut menyertai pasangan itu. Jadi, para jin itu tidak suka kalau pasangan itu lansung putus.

Kalau sudah begitu, jin itu akan terus mengganggu pasangan yang telah putus itu. Apalagi tempat-tempat yang dikunjungi itu banyak makhluk halus alias keramat.

Apakah Anda mencoba melanggarnya? Sebaiknya, jangan dicoba, alasannya yang paling utama, adalah bukan soal kekuatan yang ada dalam mitos itu, tetapi karena itu sangat tidak etis, di mana dengan melanggarnya, berarti Anda sudah dinilai kurang menghargai mitos-mitos yang ada, sekaligus sama dengan menentang kepercayaan dankeyakinan orang. Iya, kan?



Sumber : http://www.netralnews.com

0 Response to "7 Mitos Paling Di takuti , Pantang Dilarang, Sebaiknya Jangan Dicoba !"

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==